Berita

Berita Thumbnail
Senin, 30 September 2024

Program Kelas Unggulan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti Melaksanakan Kegiatan Refreshing PBL dan PjBL

Refreshing Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) kali ini dihadiri oleh 11 Dosen Pengampu Mata Kuliah Program Kelas Unggulan FEB Universitas Trisakti, Ibu Dra RR Dyah Astarini MBA CMA Ketua Program Kelas Unggulan FEB Universita Trisakti dan Ibu Reniati Karnasi SE MM CIFM Sekretaris Program Kelas Unggulan FEB Universitas Trisakti. Acara dilaksanakan di Gedung I Lantai 9 Ruang I 0909, Instruktur Ibu Dr Wahyuningsih ME MPhil CRP CPSCM, para Dosen antusias mengikuti acara tersebut, acara berjalan dengan lancar.

Acara tersebut dibentuk dengan tujuan untuk mencetak lulusan dengan kemampuan yang lebih unggul dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) dipilih untuk memaksimalkan proses pembelajaran aktif yang diharapkan mampu memfasilitasi pencapaian tujuan tersebut.  PBL dan PjBL menuntut dosen untuk berperan sebagai fasilitator, bukan hanya penyampai informasi. Refreshing membantu dosen mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk membimbing mahasiswa dalam menemukan solusi dan mengelola proyek secara mandiri.

Melalui refreshing, dosen dapat memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan terbaru dalam metode PBL dan PjBL. Hal ini memastikan bahwa pendekatan pengajaran yang digunakan tetap relevan dan efektif. Kurikulum dan kebutuhan industri terus berubah. Refreshing memungkinkan dosen menyesuaikan metode pengajaran mereka dengan perubahan ini, sehingga mahasiswa mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Metode PBL dan PjBL yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar. Refreshing membantu dosen menemukan cara-cara baru untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Sesi refreshing sering kali menjadi forum bagi dosen untuk berbagi pengalaman dan strategi.

Hal ini mendorong kolaborasi dan pertukaran ide antar dosen, yang dapat meningkatkan praktik pengajaran secara keseluruhan. Dengan melakukan refreshing, dosen dapat merefleksikan pengalaman mereka sebelumnya dan mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan. Hal ini mendorong perbaikan berkelanjutan dalam pengajaran. Dengan memastikan dosen terampil dalam metode pengajaran inovatif, FEB Universitas Trisakti dapat meningkatkan reputasinya sebagai institusi yang berkomitmen terhadap kualitas pendidikan dan pembelajaran. Memperbarui pengetahuan dan keterampilan Dosen sesuai dengan perkembangan terbaru dalam metode PBL dan PjBL, Menyamakan persepsi pengajaran PBL dan PjBL di Kelas Unggulan, Melatih implementasinya dikelas bagi para dosen pengampu mata kuliah Program Kelas Unggulan, Bertukar pengalaman sekaligus evaluasi terhadap apa yang diberikan.

Floatin Button
Floatin Button